Rabu, 02 September 2015

Akuntansi


Keunggulan Jurusan Akuntansi

Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.
Akuntansi juga sangat memegang peranan penting dalam dunia bisnis. Tak heran jika ada istilah business language yang menjadi sebutan untuk akuntansi. Setiap organisasi bisnis pasti membutuhkan akuntansi. Hal ini menunjukan bahwa selama masih ada bisnis, tenaga akuntansi masih dibutuhkan.

Beda Akuntansi, Manajemen, Ilmu Administrasi

Akuntansi itu beda loh ya sama Manajemen atau FIA (ilmu administrasi). Banyak yang salah kaprah dan menganggap Akuntansi, Manajemen, sama FIA itu sama aja. Beda, Akuntansi itu lebih mempelajari bagaimana mengklasifikasikan tiap transaksi perusahaan dan melaporkannya dalam sebuah laporan keuangan, sedangkan Manajemen itu lebih mempelajari bagaimana memanage perusahaan agar bisa lebih berkembang nantinya (baik dari segi keuangan, SDM, maupun pemasaran), jadi Manajemen.
unusual-accounting-jobs
Baik Akuntansi sama Manajemen bisa dibilang saling melengkapi, Akuntansi mempelajari sedikit ilmu Manajemen, dan begitu sebailknya. Untuk FIA, penulis belum begitu mengerti, cuman FIA juga mempelajari sedikit ilmu Akuntansi dan Manajemen, karena nantinya diharapkan akan bekerja dalam bidang administrasi (administrasi biasanya tidak berakhir pada membuat laporan keuangan). Nah loh, kok kayaknya hampir sama aja ya 3 jurusan ini. Bedaaa.
Kalau kata orang sih ya, Akuntansi itu bisa dibilang ilmu dasar buat kedua jurusan itu (Manajemen dan FIA), jadi ilmu Akuntansi itu akar untuk kedua ilmu itu. Manajemen (apalagi Manajemen keuangan) pasti dan wajib belajar Akuntansi. Meskipun mahasiswa Manajemen dan FIA diberikan matakuliah Akuntansi, tentunya hanya diberikan basicsaja, bukan mendalam yang nantinya akan bisa dipelajari di jurusan Akuntansi. Jadi keuntungan dari anak jurusan Akuntansi adalah dia tidak terlalu sulit untuk menghandletugas-tugas yang bisa jadi merupakan pekerjaan anak jurusan Manajemen dan FIA, karena dasar ilmunya dia pegang. Lain halnya jika kedua jurusan itu mau menghandlepekerjaan orang Akuntansi, wah tentu akan sulit banget, karena mereka kurang mendapat pengetahuan yang mendalam tentang Akuntansi.
Jurusan akuntansi UMM bertujuan menghasilkan sarjana ekonomi yang mempunyai kompetensi di bidang akuntansi yang mampu mengelola aktivitas keuangan organisasi serta memiliki kemampuan mengendalikan dan menganalisis informasi keuangan organisasi bisnis maupun sektor publik. Jurusan ini berstatus Terakreditasi “A”.
Kurikulum dirancang ke dalam konsentrasi bidang ilmu antara lain: Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, sistem informasi, pengauditan, perpajakan, akuntansi syari’ah, kewirausahaan, dan akuntansi sektor publik. Program studi akuntansi UMM mengembangkan serangkaian aktivitas akademik yang dapat meningkatkan value added mahasiswa dalam berbagai jenis peminatan (brevet pajak, kunjungan perusahaan, magang kerja, workshop akuntansi syari’ah, dan short course manajemen ekspor impor).
Laboratorium akuntansi menjadi basis pelaksanaan praktikum akuntansi perusahaan jasa, dagang, industri, pemeriksaan akuntansi, perpajakan dan metodologi penelitian. Semua praktikum didesain secara manual dan computer-based.
Secara keseluruhan jurusan Akuntansi di UMM terbilang sangat baik dibanding dengan perguruan tinggi swasta lainnya, bahkan dengar dari kabar burung jurusan Akuntansi UMM setara dengan Akuntansi UB ada yang bilang lebih bagus UMM malahan.. jangan ragu pilih UMM 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar